Senin, 11 Agustus 2008

Manfaat Minyak Zaitun-2

Kandungan lemak tak jenuh tunggal paling banyak terdapat dalam minyak zaitun, yang merupakan bagian penting dalam menu makanan orang Timur Tengah. Minyak Zaitun adalah jus alami yang menghasilkan rasa, aroma dan vitamin dari buah zaitun. Minyak zaitun adalah salah satu minyak dari sayur-sayuran yang dapat dikonsumsi langsung – diperas langsung dari buahnya.

Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan adalah karena tingginya kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan zat anti oksidan. Penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat mencegah timbulnya penyakit jantung dengan mengendalikan kadar LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) dalam darah. (1-3) Tidak ada hasil alam lain dengan kandungan lemak tak jenuh tunggal sebanyak minyak zaitun.

Minyak zaitun dapat ditoleransi dengan sangat baik oleh pencernaan. Pada kenyataannya, minyak zaitun mencegah timbulnya penyakit lambung. Minyak zaitun mengaktifkan sekresi dari empedu dan hormone pankreas lebih alami daripada obar peresepan. Sebagai manfaatnya, menurunkan risiko terbentuknya batu ginjal.

Minyak Zaitun dan Penyakit Jantung

Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengkonsumi 25 ml – sekitar 2 sendok makan – minyak zaitun murni (virgin olive oil) sekali sehari selama satu minggu menunjukkan menurunkan tingkat oksidasi LDL dan meningkatkan kandungan anti oksidan, khususnya fenol, dalam darah (4)

Namun walaupun seluruh jenis minyak zaitun merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal, minyak zaitun ekstra murni (EXTRA VIRGIN olive oil) yang dihasilkan dari perasan buah zaitun yang pertama, mengandung tingkat anti oksidan yang paling tinggi, khususnya vitamin E dan fenol, karena tidak melalui banyak proses

Jenis Minyak Zaitun

Pada umumnya, minyak zaitun dihasilkan dengan cara memeras atau menghacurkan buah zaitun. Ada berbagai jenis minyak zaitun, tergantung dari banyaknya proses yang dilewati.

Variasinya meliputi:

Ekstra Murni (Extra Virgin) – dianggap sebagai yang terbaik, paling sedikit diproses, minyak dihasilkan dari hasil perasan buah zaitun yang pertama.

Murni (Virgin) – dari hasil perasan yang kedua.

Alami (Pure) – melewati beberapa proses, seperti penyaringan dan penyulingan

Ekstra Ringan (Extra Light) – mengalami beberapa jenis proses dan hanya meninggalkan aroma zaitun yang ringan.

Bagaimana cara penyimpanan minyak zaitun

Hindari godaan untuk mempercantik tuangan Anda dengan meletakkan botol minyak zaitun dekat jendela. Cahaya dan panas adalah musuh utama minyak zaitun. Simpanlah minyak zaitun dalam tempat yang dingin dan gelap, dalam botol yang tertutup rapat. Oksigen dapat membuat minyak menjadi tengik. Seperti minyak yang lain, minyak zaitun dapat menjadi tengik jika terkena udara, cahaya atau panas yang tinggi.

Tidak ada komentar: