Jumat, 20 Juni 2008

Bawang Putih Dan Khasiatnya
Oleh : C Tri A

KagakRibet - Bawang Putih atau dalam bahasa latinnya Allium Sativum memiliki khasiat kesehatan sejak abad 19. Seorang ilmuwan Jerman, PW Semmler, saat itu mencoba mencari jawaban tentang bau yang berasal dari bawang putih dan ternyata ia mengetahui kalau bau itu karena dialil disulfida , zat aktif yang terdapat pada bawang putih.

Selain dialil disulfida, alisin juga didapat dari bawang putih. Zat aktif ini merupakan zat aktif utama dan penghasil bau yang menyengat. Guna zat ini adalah sebagai antibiotik.
Alisin juga dianggap mampu membangkitkan gairah seks.

Bawang putih juga mengandung germanium yang berguna untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit, selain itu juga bisa meningkatkan stamina.
Selain itu, germanium bisa melawan flu yang membandel.

Bagi para wanitayang sudah berusia lanjut, mengkonsumsi bawang putih secara rutin bisa membantu mengurangi resiko sebesar 50% terkena kanker, utamanya kanker lambung dan usus besar.

Kegunaan bawang putih yang lain adalah membantu pengobatan TBC, mengurangi sembelit, mengontrol gejala diabetes, melangsingkan tubuh, meringankan rematik, juga mengurangi gangguan tidur di masa menopause.

bawang putih bisa juga membuat orang menjadi tidak enak. Jika bawang putih dikonsumsi mentah, atau dimakan langsung tanpa dimasak, maka bibir, kerongkongan dan tenggorokan bisa menjadi panas. Dan untuk orang yang mempunyai kerentanan pada perutnya, bawang putih bisa mengganggu pencernaan dan menimbulkan rasa panas dalam perut.

Jadi sebaiknya jangan makan bawang putih yang masih mentah kalau memiliki perut yang rapuh, ya….

Tidak ada komentar: